Senin, 30 November 2020

 Literasi 10 November 2020


Judul Buku :Key of Happiness

Penulis       :    Husni Mubarak

Mencari Kebahagiaan yang Hilang

    Kebahagiaan itu tidak bisa diukur atau dihitung sebagaimana benda bisa dikalkulasikan, ditambah, dijumlah atau dikurang. kebahagiaan adalah abstrak karena ia adalah satu sifat yang bergantung pada perasaan dan kenyamaan hati.  

    Ada juga yang beranggapan bahwa seseorang bisa merasakan kebahagiaan yangsempurna jika dia sudah mendapatkan 3TA, harta, tahta, wanita. Tapi benarkah pernyataan tersebut? Benar atau tidak benar , kita bisa melihat bahwa orang yang bergelimang harta bisa tidak tenang hidupnya.Begitupun yang mempunyai tahta dan wanita yang cantik jelita mereka banyak yang tidak merasakan ketenangan dalam hidupnya . Lalu apa yang membuat tenang dalam hidupnya.

    Jika kita tanya kepada orang-orang mengenai makna kebahagiaan tentunya jawaban yang akan kita teria beragam.Ternyata setiap orang memiliki definisi yang berbeda mengenai kebahagiaan sesuai dengan latar belakang , perasaan dan kehidupan yang mereka jalani. 

    Mungkin kebahagian bagi anak kecil adalah mendapatkan mainan yang baru yang dibelikan orang tua.Mainan apapun, asal baru seorang anak itu merasa senang bahkan merasa diperhatikan sama kedua orang tuanya.     

     Kebahagiaan bagi eorang pelajar adalah bisa memperoleh nilai yang baik dan peringkat satu dikelas, atau minimal masuk sepuluh besar yang membuat orang tuanya bangga.

    Kebahagiaan bagi seorang guru adalah ketika pelajaran yang diberikan bisa dipahami oleh para siswa , kemudian termanifestasikan dengan indeks nilai yang memuaskan dari para muridnya. Kemudian juga bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari. Sehingga bagi seorang guru menjadi infestasi amal di akhirat kelak.

    Kebahagiaan bagi seorang suami istri  yang belum mempunyai anak adalah bisa memiliki anak bisa memiliki anak yang menambah atau melengkapi  kebahagiaan mereka yang belum tergenapi. Mereka merasa tersiksa setiap kali mendengar kabar bagaimana shabat mereka sudah melahirkan anak. bahkan anak yang kesekiannya , tetapi mereka belum memiliki satu pun .

    Kebahagiaan bagi seorang pengangguran adalah mendapatkan pekerjaan yang mapan atau pekerjaan yang mampu menegakan wajahnya. sehingga dia memiliki harga diri di hadapan keluarganya. Karena bagi seorang lelaki pekerjaan adalah harga dirinya.

    Kebahagiaan bagi seorang penjual adalah memperoleh laba dan keuntungan yang besar. Kebahagiaan bagi seorang pembeli adalah bisa mendapatkan barang yang diinginkan yang mereka impikan dengan harga terjangkau dan kualitas yang baik. 

    Silahkan membuat daftar dan contoh lain dari definisi kebahagiaan yang bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari




Tidak ada komentar:

Posting Komentar