Senin, 30 November 2020

 Literasi Tanggal 24 November 2020

Judul Buku   : Key of Happiness

Penulis         : Husni mubaraok

Kenaagiaan dan umur panjang

" Kebahagiaan adalah obat yang sesungguhnya dari semua penyakit, baik penyakit lahir maupun penyakit batin. untuk itulah kita penting menghadirkan kebahagiaan sebagaimana, kita berpikir pentingnya mengonsumsi suplemen dan pergi ke dokter" (Husni Mubarok).

    Journal of Happiness studies, sebuah media ilmiah yang didirikan tahun 2000 telah mempublikasikan temuan Ruut Veenhopen yang menyatakan bahwa kebahagiaan bisa mempengaruhi umur seseorang.Semakin kamu merasa bahagia, maka bisa dipastikan kamu memiliki peluang memiliki umur panjang. Mungkin semau orang akan protes termasuk saya, kita tahu bawa umur adalah misteri yang hanya Alloh SWT yang tahu. Kita juga tahu bahwa yang menentukan usia adalah Alloh SWT sangpencipta. 

    Hubungan kebahagiaan dengan umur panjang , penulis tekankan bahwa kita berpeluang memiliki umu panjang karena kenahagiaan kita. ini adalah takdir dari hukum kausalitas (sebab akibat). kamu merasa bahagia karena ada sebab yang menyebabkan dirimu bahagia.

    Kebahagiaan akan membuat fisik kita menjadi sehat dan enerjik, sebaliknya kesedihan atau ketidakbahagiaan menjadi sebab ketidaksetabilan sistem imunitas tubuh dan mengundang berbagai keluhan psikis. 

        Sebagai contohnya pernahkah kita merasakan sakit kepala, sakit perut,meriang, takut dan gugup. inilah kasus kecil yang membuat diri kita tidak bahagia. Apalagi jika hidup kta diisi dengan kekhawatiran, ketakutan, dan kesedihan ? kita tidak bisa membayangkan bagaimana pengaruhnya.

        jadi, untuk memperoleh kehidupan yang baik, sebenarnya tidak susah memulainya. Cukup dengan memandang kehidupan dan segala hal yang terjadi dalam hidupmu secara positif, bersyukur lebih banyak, dan mencoba menghadirkan bahagia, maka kamu akan menikmati kehidupanmu sekaligus berpeluang memiliki umur yang panjang.

        Kunci Pertama Kebahagiaan adalah Spiritualis

"bagi mereka yang sudah mengenal Alloh SWT sebagai tuhan , maka cukuplah Dia yang menjadi satu-satunya sumber ketenangan dan kebahagiaan. semakin dekat denganNya semakin melimpah kebahagiaan"

    Apakah orang yang religius cendering lebih bahagia dari orang yang tidak religius. 

Kebahagiaan merujuk pada emosi, perasaan, atau suasana hati. Kepuasan hidup  disisi lain berkaitan dengan cara berpikir tentang kehidupan mereka secara keseluruhan ,termasuk hubungan seseorang dengan tuhan semesta alam.

    Penulis meyakini bahwa keimanan  memiliki pengaruh yang cukup besar  terhadap kualitas kebahagiaan seseorang. Keimanan seseorang kepada tuhan yang maha Alloh SWT  sebagai pencipta dan ketaqwaannya menjadi sebab timbulnya kebahagiaan dan perasaan tentram di dalam relung htinya. 

    Kenapa orang yang memiliki keimanan atau dekat dengan nilai-nilai religius cenderung memiliki kebahagiaan yang tinggi dibanding mereka yang tidak beragama atau paling tida jauh dari nilai-nilai religius?

Ada banyak sebab yang melatarinya

Pertama, karena Alloh SWT sebagai sandaran

Kedua, Yakin Alloh sang pengatur segalanya

Ketiga, Karena yakin bahwa Alloh SWT sebagai pengatur rezeki

Iman sebagai sumber kebahagiaan

        Kebahagiaan yang nyata adalah kebahagiaan yang bersifat kerohanian. Kebahagiaan yang datang dari hati dan bersumber dari mata air iman yang dipelihara dengan baik. 

        Manusia terdiri darui tiga unsur, yaitu badan, pikiran dan ruh. Badan dipelihara dan memiliki nutrisi yang baik dari makanan dan minuman . Akal dipelihara oleh pemikiran dan pengetahuan , Sementara ruh dipelihara oleh keimanan dan ketakwaan kita kepada Allloh. Dengan hadirnya iman di dalam jiwa kita, maka akan ada kombinasi yang baik Dengan iman seseorang akan memperoleh kekuatan dan motivasi yang kuat melebihi kekuatan badan luar. 

        Ada hikmah dibalik ujian yang mereka lalui atau mereka tima

1. Kesulitan dan musiabh bisa memurnikan jiwa seseorang dari dosa 

2. kesulitan dan musibah membimbing kita untuk kembali kepada Alloh SWT ketika kita menyimpang dari jalannya, kembali mengingat asmaNya ketika ia melupakannya

3. Kesulitan dan musibah membimbing seseorang untuk merendah dan tidak tinggi hati dan terjerumus kepada kesombongan 

4.Kesulitan dan musibah adalah ujian untuk menyaring hamba-hambaNya siapa yang bersyukur dan siapa yang tidak bersyukur.

5. Kesulitan dan musibah menjadikan kita dewasa dalam menjalani kehidupan dan dinamikanya

6. Sebagai bentuk dari hukuman ringan yang Alloh SWT berikan karena dosa-dosa kita yang kita lakukan

7. kesulitan membentuk kita menjadi pribadi yang kuat dan memiliki sesuatu yang tidak dimiliki oleh orang lain yang tidak mengalaminya.

8. kesulitan dan musibah adalah proses yang ditetapkan Alloh SWT untuk memberi kita hadiah dan kejutan yang tidak kita duga

 

 

























Tidak ada komentar:

Posting Komentar