Senin, 30 November 2020

 LIterasi tanggal 17 November 2020 

Judul Buku    : Key of Happines

Penulis         : Husni Mubarak 

Kebahagiaan tanpa syarat

    Kebahagiaan itu bermakna luas dan tak terbatas, Satu hal yang tidak boleh kita lupakan kebahagiaan itu tidak memiliki syarat . Karena syarat membuat kebahagiaan itu sulit tergapai. Kebahagiaan itu sulit tergapai karena memikirkan syarat-syarat  yang rumit untuk mendapatkan kebahagiaan yang kita harapkan. 

    Ada orang yang beranggapan dia tidak bahagia jika belum memiliki kendaraan yang diimpikannya. Maka dia menjadikan kendaraan sebagai syarat kebahagiaannya. Dia tidak akan merasakan kebahagiaan sampai benar-benar dia memiliki kendaraan yang dimilikinya. 

    Tentu banyak syarat kebahagiaan , maka terlalu  banyak drita yang akan kita rasakan. Banyak contoh syarat-syarat kebahagiaan sering dilontarkan atau bahkan kita sendiri selaku pelakunya. 

    Saya tidak akan bahagia sebelum memiliki rumah yang mewah,atau saya tidak akan bahagia memiliki istri yang cantik. dan lain sebagainya. Impian dan cita cita kita jangan menjadi syarat bagi kebahagiaanmu , nikmati hidupmu , dan nikmati prosesmu. Sebagaimana pendaki gunung masih menikmati lelahnya pendakian  dengan canda tawa selama pendakian. mereka yakin akan menikmati pemandangan indah di atas sana

Alasan kenapa kebahagiaan itu hilang

    Ada orang yang tidak menemukan kebahagiaan karena mereka tidak puas dengan kehidupan yang selama ini mereka alami . Mereka tidak puas dengan keluarga, anak, pasangan, tetangga dan sebagainya bahkan mereka tidak puas dengan dirinya sendiri yang pada akhirnya mereka memiliki sifat pembenci,membenci dirinya sendiri dan lingkungannya.

   Aku membenci kehidupanku

    Aku membenci kehidupanku adalah ekspresi internal ynang sangat umum dan bisa terjadi pada semua usia. Lalu timbul pertanyaan kenapa ada orang yang tidak puas dengan hidupnya sendirisehingga pada titik membeci hidupnya?

Jawabannya:

1. Pikiran-pikiran negatif

2. Pengalaman buruk yang dialami selama hidupnya

Mengapa ada orang yang membenci kehidupannya

1. Aku membenci hidupku karena aku merasa sedih sepanjang waktu

2. Aku membenci hidupku karena aku suka berpikir buruk terhadap orang lain

3. Aku membenci diriku karena orang-orang disekitarku mengabaikanku

4. Aku membenci diriku karena aku belum mempunyai pasangan hidup

5. Aku membenci diriku karena orang-orang meremehkanku

Apa akar permasalahan itu semua

Pertama, kita merasa seolah-olah semua orang bahagia kecuali diri kita

Kedua, kehidupan adalah anugrah dan jangan kita buang waktu kita dalam keputusasaan , mengasihani diri sendiri, atau menyalahkan diri sendiri atau orang lain karena hidup tidak seperti yang kita inginkan. 

Ketiga, Kita harus berdamai dengan kehidupan kita, dan berusaha melakukan perubahan, ke dalam hal-hal yang positif.

Keempat, Jangan khawatir terhadap masa depan dan jangan pernah menyesali masa lalu yang sudah berlalu

Kelima, Jangan terlalu tegang dengan kehidupan yang kita jalani.

Keenam, Mulailah membuat rencana dan berkomitmen untuk mewujudkan apa yang telah kita rencanakan . jangan kita takut kita  tidak bisa mengerjakannya. 

Ketujuh, Habiskan banyak waktu dengan orang-orang yang menginspirasi kita dengan energi positif.

Kedelapan, Daripada mendengarkan komentar orang lain dengarkanlah suara hati kita.

Kekuatan dan kesuksesan kita terletak pada sejauh mana kesbaran kita untuk menghadapinya. 

Kesembilan, kekuatan dan kesuksesan kita terletak pada sejauh mana kesabaran kita untuk menghadapinya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar